Lks Tekanan hidrostatis SD




LEMBAR KERJA SISWA
MATA PELAJARAN IPA 11
SISWA SEKOLAH DASAR


TEKANAN HIDROSTATIS

DISUSUN OLEH
AHMAD SYARIFUDDIN
NPM: 12.32.0041

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS DARUL ULUM ISLAMIC CENTRE SUDIRMAN
GUPPI UNGARAN
2014

LEMBAR PERSETUJUAN


TEKANAN HIDROSTATIS

AHMAD SYARIFUDDIN
NPM: 12.32.0041


LKS ini disusun untuk memenuhi tugas pada mata kuliah Materi dan Pembelajaran IPA II SD dan telah disetujui oleh dosen pengampu mata kuliah tersebut.




                                                                                    Ungaran, 18 Nopember 2014

Penyusun                                                                     Dosen Pengampu


     Ahmad Syarifuddin                                               Azizah Thalib, S.Si., M.Pd



LEMBAR KERJA SISWA

Tekanan Hidrostatis

Mata Pelajaran         :        Ilmu Pendidikan Alam (IPA)
Kelas                          :        4 (Empat) SD N 1
Alokasi Waktu          :        35 Menit

Tujuan:
-          Siswa mampu memahami tekanan Hidrostatis
-          Siswa mampu Menerapkan bagaimana terjaninya Tekanan Hidrostatis

Petunjuk  Belajar:
Bacalah dengan seksama langkah–langkah kerja sebelum kalian menjawab pertanyaan. Bacalah setiap pertanyaan dengan seksama. Gunakan buku siswa sebagai penuntun dalam mengerjakan.

A.    RINGKASAN MATERI

1.      Tekanan Hidrostatik

Tekanan Hidrostatik adalah tekanan pada zat cair yang diam sesuai dengan namanya (hidro: air dan statik: diam). Atau lebih lengkapnya Tekanan Hidrostatik didefinisikan sebagai tekanan yang diberikan oleh cairan pada kesetimbangan karena pengaruh gaya gravitasi.

Hal ini berarti setiap benda yang berada pada zat cair yang diam, tekanannya tergantung dari besarnya gravitasi. Adakah hal lain yang mempengaruhi besarnya tekanan hidrostatik? Ya ada yaitu: kedalaman/ketinggian dan massa jenis zat cair.
air yang paling atas jarak jatuhnya lebih dekat ke botol sedangkan air yang paling bawah jarak jatunya paling jauh dari botol.
ini berarti semakin dekat permukaan air semakin rendah tekanannya sedangkan semakin jauh dari permukaan air semakinbesar tekanannya
karena semakin besar tekanan dibawah maka para pembuat tanggul atau waduk membuat dasar tanggul melebar sehingga tidak mudah dijebol air.


B.     PERCOBAAN
Penerapan Tekanan Hidrostatis.

1.      Tujuan
Siswa dapat memahami bagaimana terjadinya Tekanan Hidrostatis setelah melakukan percobaan ini.
2.      Alat dan Bahan
-          Botol bekas Air Mineral
-          Paku / Solder ( untuk Melubangi )
-          Air

3.      Langkah Kerja

1.      Lubangi botol dengan solder atau paku dan setelah di lubangi tutup lubang dengan solasi.
 



2.      Setelah botol di lubangi dan lubang di tutup dengan solasi kemudian isilah botol dengan air seperti gambar di bawah ini.
3.      Jika sudah terisi air dan solasi di buka  akan jadi air mancur seperti gambar 3 ini, Amatilah apa yang terjadi                                   
     
4.      Pertanyaan

1.      Apa yang dinamakan tekanan Hidrostatis ?
2.      Adakah yang mempengaruh i besarnya tekanan Hidrostatis, Jelaskan !
3.      Mengapa kejadian ini di sebut sebagai Hidro Statis ?
4.      Dalam kehidupan nyata kejadian ini bisa di terapkan dimana ?


C.    EVALUASI

Kerjakanlah soal–soal di bawah ini di lembar jawaban masing-masing! Pilihlah jawaban yang benar.
1.      Tekanan Hidrostatik adalah tekanan pada zat cair yang diam sesuai dengan namanya, Apa arti dari Hidrostatis
a.       Air diam
b.      Air meter
c.       Air mineral
d.      Air mengalir
2.      Hal apa yang mempengaruhi besarnya tekanan hidrostatik?
a.       Kejauhan/kedekatan
b.      Kedalaman/ketinggian
c.       Kelebaran/kesempitan
d.      Semua salah
3.      Alat dan bahan apa saja yang dipersiapkan dalam membuat percobaan tekanan hidrostatis.
a.       Botol bekas air mineral, baju kumuh, topi
b.      Botol bekas air mineral, spanduk, gitar
c.       Botol air mineral berisi, linggis, gancu
d.      Botol bekas air mineral, air dan paku
4.      Pada gambar 4 di atas tampak jarak pancaran dari ketiga lubang tidak sama, mengapa pancaran air dari lubang C paling jauh.
a.       Karena lubang A dekat dengan permukaan
b.      Tekanan air lebih besar dari lubang B
c.       Tekanan air lebih besar dari lubang A
d.      Tekanan air lebih besar dari lubang yang lain
5.      Apa yang terjadi jika lubang lubang semakin besar
a.       Semakin lambat habisnya
b.      Tambah banyak tempat air di botol mineral
c.       Semakin cepat habis dan semakin besar pancaran air
d.      Sama saja besar kecil lubang di pancaran air

















LEMBAR KERJA
ILMU PENGETAHUAN ALAM

Judul Percobaan                                  :
Hari/ Tanggal Percobaan                      :
Kelompok                                            :
Nama Kelompok                                 : 1.
                                                              2.
                                                              3.
                                                              4.

A.     Hasil Pengamatan



B.     Jawaban Pertanyaan


C.     Kesimpulan


…….., ……….., …….
Guru Kelas

Ahamad Syarifuddin

Komentar