LEMBAR KERJA SISWA
MATA PELAJARAN IPA 11
SISWA SEKOLAH DASAR
“ TEKANAN HIDROSTATIS ”
DISUSUN
OLEH
AHMAD SYARIFUDDIN
NPM: 12.32.0041
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS DARUL ULUM ISLAMIC CENTRE SUDIRMAN
GUPPI UNGARAN
2014
LEMBAR PERSETUJUAN
TEKANAN HIDROSTATIS
AHMAD SYARIFUDDIN
NPM: 12.32.0041
LKS
ini disusun untuk memenuhi tugas pada mata kuliah Materi dan Pembelajaran IPA II SD dan telah disetujui oleh dosen
pengampu mata kuliah tersebut.
Ungaran,
18 Nopember 2014
Penyusun Dosen
Pengampu
Ahmad Syarifuddin Azizah
Thalib, S.Si., M.Pd
LEMBAR
KERJA SISWA
Tekanan Hidrostatis
Mata Pelajaran : Ilmu
Pendidikan Alam (IPA)
Kelas : 4 (Empat) SD N 1
Alokasi Waktu : 35
Menit
Tujuan:
-
Siswa mampu memahami tekanan Hidrostatis
-
Siswa mampu Menerapkan bagaimana terjaninya Tekanan Hidrostatis
Petunjuk Belajar:
Bacalah
dengan seksama langkah–langkah kerja sebelum kalian menjawab pertanyaan.
Bacalah setiap pertanyaan dengan seksama. Gunakan buku siswa sebagai penuntun
dalam mengerjakan.
A. RINGKASAN MATERI
1. Tekanan Hidrostatik
Tekanan Hidrostatik adalah tekanan pada zat cair yang
diam sesuai dengan namanya (hidro: air dan statik: diam). Atau
lebih lengkapnya Tekanan Hidrostatik didefinisikan sebagai tekanan yang
diberikan oleh cairan pada kesetimbangan karena pengaruh gaya gravitasi.
Hal ini
berarti setiap benda yang berada pada zat cair yang diam, tekanannya tergantung
dari besarnya gravitasi. Adakah hal lain yang mempengaruhi besarnya tekanan
hidrostatik? Ya ada yaitu: kedalaman/ketinggian dan massa jenis zat cair.
air yang paling atas jarak jatuhnya lebih dekat ke
botol sedangkan air yang paling bawah jarak jatunya paling jauh dari botol.
ini berarti semakin
dekat permukaan air semakin rendah tekanannya sedangkan semakin jauh dari
permukaan air semakinbesar tekanannya
karena
semakin besar tekanan dibawah maka para pembuat tanggul atau waduk membuat
dasar tanggul melebar sehingga tidak mudah dijebol air.
Penerapan Tekanan Hidrostatis.
1.
Tujuan
Siswa dapat
memahami bagaimana terjadinya Tekanan Hidrostatis setelah melakukan percobaan
ini.
2.
Alat dan Bahan
-
Botol bekas Air Mineral
-
Paku / Solder ( untuk Melubangi )
-
Air
3.
Langkah Kerja
1. Lubangi botol dengan solder atau
paku dan setelah di lubangi tutup lubang dengan solasi.
2. Setelah botol di lubangi dan lubang
di tutup dengan solasi kemudian isilah botol dengan air seperti gambar di bawah
ini.
3. Jika sudah terisi air dan solasi di
buka akan jadi air mancur seperti gambar
3 ini, Amatilah apa yang terjadi
4.
Pertanyaan
1. Apa yang dinamakan tekanan
Hidrostatis ?
2. Adakah yang mempengaruh i besarnya
tekanan Hidrostatis, Jelaskan !
3. Mengapa kejadian ini di sebut
sebagai Hidro Statis ?
4. Dalam kehidupan nyata kejadian ini
bisa di terapkan dimana ?
C.
EVALUASI
Kerjakanlah soal–soal
di bawah ini di lembar jawaban masing-masing! Pilihlah jawaban yang benar.
1. Tekanan
Hidrostatik adalah tekanan pada zat cair yang diam sesuai dengan namanya, Apa
arti dari Hidrostatis
a.
Air diam
b.
Air meter
c.
Air mineral
d.
Air mengalir
2. Hal apa yang
mempengaruhi besarnya tekanan hidrostatik?
a.
Kejauhan/kedekatan
b.
Kedalaman/ketinggian
c.
Kelebaran/kesempitan
d.
Semua salah
3. Alat dan bahan apa saja yang dipersiapkan dalam
membuat percobaan tekanan hidrostatis.
a.
Botol bekas air
mineral, baju kumuh, topi
b.
Botol bekas air
mineral, spanduk, gitar
c.
Botol air
mineral berisi, linggis, gancu
d.
Botol bekas air
mineral, air dan paku
4. Pada gambar 4 di atas tampak jarak pancaran dari
ketiga lubang tidak sama, mengapa pancaran air dari lubang C paling jauh.
a.
Karena lubang A
dekat dengan permukaan
b.
Tekanan air
lebih besar dari lubang B
c.
Tekanan air
lebih besar dari lubang A
d.
Tekanan air
lebih besar dari lubang yang lain
5. Apa yang terjadi jika lubang lubang semakin besar
a.
Semakin lambat
habisnya
b.
Tambah banyak
tempat air di botol mineral
c.
Semakin cepat
habis dan semakin besar pancaran air
d.
Sama saja besar
kecil lubang di pancaran air
LEMBAR KERJA
ILMU PENGETAHUAN ALAM
Judul Percobaan :
Hari/ Tanggal Percobaan :
Kelompok :
Nama Kelompok : 1.
2.
3.
4.
A.
Hasil
Pengamatan
B.
Jawaban
Pertanyaan
C.
Kesimpulan
…….., ……….., …….
Guru Kelas
Ahamad Syarifuddin
Komentar
Posting Komentar