Rpp tekanan hidrostatis SD





 
































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                         :  SD N
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester            :   IV/11
Materi Pokok               :   Tekanan Hidrostatis




A.    Standar Kompetensi       :
1.       Siswa mampu memahami tekanan Hidrostatis


B.     Kompetensi Dasar
1.      Siswa mampu Menerapkan bagaimana terjaninya Tekanan Hidrostatis


C.    Tujuan Pembelajaran**:
  • Siswa dapat memahami tekanan Hidrostatis
  • Siswa mampu membuat percobaan tekanan hidrostatis seperti percobaan di LKS
  • Siswa dapat menerapkan bagaimana terjadinya tekanan hidrostatis
  • Siswa bisa menerapkanya di lingkunganya
  • Menjelaskan dan mencontohkanya kepada temanya


D.     Materi
Tekanan Hidrostatik adalah  tekanan pada zat cair yang diam sesuai dengan namanya (hidro: air dan statik: diam). Atau lebih lengkapnya Tekanan Hidrostatik didefinisikan sebagai tekanan yang diberikan oleh cairan pada kesetimbangan karena pengaruh gaya gravitasi.

Hal ini berarti setiap benda yang berada pada zat cair yang diam, tekanannya tergantung dari besarnya gravitasi. Adakah hal lain yang mempengaruhi besarnya tekanan hidrostatik? Ya ada yaitu: kedalaman/ketinggian dan massa jenis zat cair.
air yang paling atas jarak jatuhnya lebih dekat ke botol sedangkan air yang paling bawah jarak jatunya paling jauh dari botol.
ini berarti semakin dekat permukaan air semakin rendah tekanannya sedangkan semakin jauh dari permukaan air semakinbesar tekanannya
karena semakin besar tekanan dibawah maka para pembuat tanggul atau waduk membuat dasar tanggul melebar sehingga tidak mudah dijebol air.


E.     Metode Pembelajaran
  • Ceramah
  • Praktek

F.    Langkah Pembelajaran

 Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
-          Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
  1. Kegiatan Inti
 Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
 Memahami tentang Tekanan Hidrostatis
Melalui penjelasan guru siswa dapat mengerti dan memahami tentang tekanan hidrostatis
 Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
-          Guru mendemontrasikan tahapan yang akan dilakukan dalam kegiatan percobaan seperti yang tercantum dalam LKS dengan rincian: (a) Langkah-langkah yang perlu dilakukan, (b) Mempersiapkan alat yang digunakan, dan (c) Cara melakukan pengamatan dan mencatat hasil percobaan.  
-          Guru membimbing siswa melakukan kegiatan percobaan seperti yang tercantum dalam LKS
-           Siswa mengerjakan pertanyaan dan kesimpulan dalam LKS
-          Guru dan siswa membahas jawaban soal-soal LKS  dan memberikan kesempatan pada siswa untuk bertanya
-          Guru memberikan umpan balik dengan  memuji pada aspek-aspek yang sudah benar dilakukan siswa





& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
-          Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
-          Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  1.  KegiatanPenutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
-          Member kesimpulan dari materiyang disampaikan
-          Pemberian tugan / Pr
-           
G.    Media Belajar
  • Lks  Kelas IV
  • Alat dan bahan
·         Botol bekas Air Mineral
·         Paku / Solder ( untuk Melubangi )
·         Air



H.       Penilaian:
    1. Teknik penilaian
    2. Tes tertulis
    3. Tes unjuk kerja
    4. Bentuk instrument.
      1. Isian.
      2. Identifikasi
      3. Contoh instrument.
  • Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang singkat dan benar !

·         Apa yang dinamakan tekanan Hidrostatis ?
·         Adakah yang mempengaruh i besarnya tekanan Hidrostatis, Jelaskan !
·         Mengapa kejadian ini di sebut sebagai Hidro Statis ?
·         Dalam kehidupan nyata kejadian ini bisa di terapkan dimana ?
·         Tekanan Hidrostatik adalah tekanan pada zat cair yang diam sesuai dengan namanya Apa arti dari Hidrostatis

  • Identifikasi
Kenali dan tunjukkan bagian-bagian rangka manusia.
Pedoman penilaian :
NO
ASPEK
SKOR MAKSIMUM
SKOR PEROLEHAN SISWA
1
Kebenaran  percobaan
1

2
Kelengkapan menyebutkan alat-alat dan bahan
1

3
Keaktivan dalam melakukan percobaan
2


Jumlah skor
4


jumlah skor perolehan siswa
NA  =                                                      x 100%

jumlah skor maksimal

&     CATATAN :
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.


                                                                                        …………, ………………….20 …

           Mengetahui                                                                                                                            
        Kepala Sekolah                                                                  Guru Kelas 4

      Sarif Mulia                                                                                          Ahmad Syarifudin
  
………………………………….                                       ……………………………………
NIP :                                                                                         NIP :


Komentar