instrumen Evaluasi ( Evaluasi pembelajaran )



Materi kelas IV  IPA  : Gaya
=> Taksonomi  Kognitif
No
Indikator
Kisi-kisi
Taksoromi
soal
1.





2.






3.






4.






5.








6.
Siswa dapat Memahami gaya dapat mengubah gerak dan bentuk suatu benda

Mengerti gaya





Memahami macam-macam gaya





Mengerti penerapan gaya





Menganalisis gaya gravitasi





Mengerti dan menyatukan contoh gaya






Memahami mengevaluasi gerak suatu benda
C1







C2




C3







C4






C5







C6
Dalam Sains, tarikan atau dorongan disebut .
a. tenaga
b. kalori
c. gaya
d. energy

Untuk mengangkat air yang terikat dengan tali yang ada di sumur, maka diperlukan gaya…
a. Otot
b. Gravitasi
c. Pegas
d. Gesekan

Gaya yang terjadi karena bersentuhan dua  permukaan benda disebut gaya…
a. Otot
b. Gesek
c. Tarik
d. Magnet

Jatuhnya buah dengan sendirinya dari atas pohon disebabkan karena adanya gravitasi gaya…
a. Gravitasi Bumi
b. Gesekan
c. Otot
d. Listrik

Beegeraknya mobil dan motor karena adanya sumber listrik berupa aki merupakan contoh gaya…
a. Magnet
b. Gesekan
c. Otot
d. Listrik


Berikut merupakan faktor yang tidak mempengaruhi gerak suatu benda adalah…

a. Gravitasi bumi
b. Tarikan
c. Suhu
d. Dorongan



Cara menghitung nilai :
  Skor yang di peroleh X 100
          Skor max

















=> Taksonomi Afektif
A1. Aspek ketertiban
ð  Selama praktik ipa berlangsung , apakah kamu  mengikuti peraturan dari gurumu ?
a. tidak pernah
b. pernah kadang- kadang
c. cukup sering
d. sering
e. selalu
A2. Aspek keaktifan menjawab pertanyaan
ð  Selama peraktik berlangsung , apakah kamu menjawab yang ditanyakan gurumu ?
a. tidak pernah
b.  pernah kadang- kadang
c. cukup sering
d. sering
e. selalu
A3. Aspek kejujuran
ð  Apakah kamu menjawab pertanyaan sesuai dengan  praktik mu ?
a. iya, sesuai praktik
b. iya , mengarang
c.iya nyontoh teman
d. iya sedikit- sedikit kurang
e. iya , tapi belum selesai
A4. Aspek kesigapan mengerjakan tugas
ð  Apakah kamu mengerjakan tugas sesuai waktu yang diperintah guru ?
a. secepatnya
b. segera
c. sesuai waktunya
d. kurang peduli
e. tidak peduli
A5. Aspek komunikasi yang sopan
ð  Selama praktik ipa (gaya) berlangsung, apakah kamu menjawab pertanyaan dari guru dengan bahasa yang baik ?
a. tidak pernah
b.  pernah kadang- kadang
c. cukup sering
d. sering
e. selalu

-          Skor  maksimal : 25
-          Skor  minimal    : 5

=> Taksonomi psikomotor
            A) praktik untuk mengetahui pengaruh gaya terhadap benda :
                 1. menyiapkan alat dan bahan sesuai dengan kebutuhan percobaan .
                 2. melakuakan percobaan sesuai dengan perintah guru.
                 3. menggunakan alat dan bahan dengan tepat.
                 4. hasil percobaan sesuai dengan yang diharapkan.
                 5. laporan percobaan sesuai yang di tentukan.
            B) Lembar observasi
pengamatan
Skor
4
3
2
1
1. penyiapan alat dan bahan sesuai 
    dengan kebutuhan percobaan.
2. melakukan percobaan sesuai dengan
    kebutuhan percobaan.
3. menggunakan alat dan bahan dengan
    Tepat.
4. hasil percobaan sesuai dengan yang
    Diharapkan.                 
5. laporan percobaan sesuai yang
    Ditentukan.





C. pedoman  penskoran
      -> Aspek 1 :
            Skor 4, jika: Alat dan bahan yang disiapkan terdapat sesuai dengan
                                 percobaan.
            Skor 3, jika: Alat dan bahan yang disiapkan terdapat 1 alat yang tidak
                                sesuai.
            Skor 2 , jika: Alat dan bahan yang disiapkan terdapat 2 alat yang tidak
                                 sesuai.
            Skor 1, jika : Semua alat dan bahan yang disiapkan tidak sesuai.

     ->  Aspek 2 :
            Skor 4, jika : Langkah-langkah , percobaan sesuai yang diperintahkan
                                  guru.
            Skor 3 , jika : Langkah-langkah percobaan ada 1 langkah yang belum
                                  sesuai.
            Skor 2 , jika : Langkah-langkah percobaan ada 2 langkah yang belum
                                   sesuai.
            Skor 1 , jika : Langkah-langkah percobaan ada lebih dari 2 langkah yang
                                    belum sesuai.
    -> Aspek 3 :
            Skor 4, jika: Dapat menggunakan alat dan tahan dengan tepat
            Skor 3, jika: Dapat menggunakan alat dan bahan , tetapi da 1 yang
                                  kurang tepat.
Skor 2 , jika: Dapat menggunakan alat dan bahan tetapi kurasng tepat
                      Menerapkannya.
            Skor 1, jika : Dapat mengunakan alat dan tahan, tetapi tidak sesuai yang
                                  Diperintahkan.
-> Aspek 4 :
            Skor 4, jika: Hasil percobaan sesuai yang dilakukan.
            Skor 3, jika: Hasil percobaan kurang sesuai dengan yang di lakukan.
            Skor 2 , jika: Hasil percobaan, tidak sesuai dengan yang dilakukan.
            Skor 1, jika : Tidak ada hasil dari percobaan.
-> Aspek 5 :
            Skor 4, jika: Laporan percobaan sesuai yang diharapkan.
            Skor 3, jika: Laporan percobaan ada 1 yang belum sesuai dengan hasil
                                 percobaan.
            Skor 2 , jika: Laporan percobaan ada 2 yang belum sesuai dengan hasil
                                 percobaan.
            Skor 1, jika : Laporan percobaan lebih dari 2 yang belum sesuai dengan
                                 Hasil percobaan.









INSTRUMEN EVALUASI



http://i1206.photobucket.com/albums/bb445/settinglogo/UNDARIS.png


DISUSUN OLEH :
AHMAD SYARIFUDDIN
NIM : 12.32.0041




 
UNIVERSITAS DARUL ULUM
ISLAMIC CENTRE SUDIRMAN
GUPPI ( UNDARIS)
2015

Komentar