![]() |
LAPORAN
PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
TAHUN AKADEMIK 2015 / 2016
DI SD N 1-2 KALIOMBO
Kecamatan Pecangaan-Kabupaten jepara
Disusun
Oleh :
AHMAD
SYARIFUDDIN
MUCHAMAD
IBNU SANI
ABDUL JALIL
FAUZIYAH
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
DARUL ULUM ISLAMIC CENTER SUDIRMAN
GUPPI
UNGARAN KAB. SEMARANG
2016
LEMBAR
PENGESAHAN
Laporan PPL
ini disusun sesuai dengan kegiatan
yang dilaksanakan di SD N
1-2 Kaliombo dan disusun berdasarkan sistematika
sesuai dengan pedoman PPL PGSD FKIP
UNDARIS.
Pada
hari / Tanggal : Senin, 10 Oktober 2016
Disahkan
Oleh :
|
||||
Kepala Sekolah
Giri Raharjo,
S.Pd.SD
NIP. 196011251982011002
|
Guru Pembimbing
Damin NIP.196007041988101001
|
|||
Dekan FKIP
Undaris
Drs. Abdul Karim, MH
NIDN. 0617085701
|
Dosen
Pembimbing lapangan
Ridha Sarwono, S.Sn.,M.Pd NIDN. 0923048420
|
|||
Rektor
Undaris
Dr.Drs.Lamijan,
SH,. M.Si.
|
||||
KATA
PENGANTAR
Puji syukur
senantiasa kami panjatkan kehadirat Allah
SWT, Karena atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya kami
dapat menyelesaikan laporan PPL
ini dengan lancar. Kami menya dari bahwa dalam
penyusunan laporan ini banyak melibatkan berbagai
pihak, oleh karena itu kami sampaikan terimakasih kepada:
1. Dr.Drs.Lamijan,
SH,. M.Si selaku Rektor Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman GUPPI
Ungaran Kabupaten Semarang.
2. Drs.
Abdul Karim, MH. selaku Dekan Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman GUPPI.
3. Ridha
Sarwono, S.Sn.,M.Pd selaku Dosen
Pembimbing.
4. Giri Raharja selaku kepala sekolah SD N 1-2 Kaliombo.
5. Guru
dan Karyawan SD N 1-2 Kaliombo.
6. Siswa-siswi
SD N 1-2 Kaliombo.
7. Dan pihak-pihak lain yang
telah membantu penyusunan laporan ini.
Laporan ini
disusun berdasarkan hasil kegiatan
pengamatan dan wawancara langsung dengan pihak sekolah mengenai kondisi fisik
lingkungan sekolah serta proses belajar mengajar secara langsung di Lingkungan
SD N 1-2 Kaliombo Kecamatan
Pecangaan – Kabupaten Jepara.
Penyusun
menyadari bahwa dalam penyusunan laporan ini masih banyak terdapat kekurangan
baik segi bahasa materi maupun teknik dan cara penyajiannya. Oleh karena itu, kami
sangat mengharapkan kritik dan
saran yang bersifat membangun demi
kesempurnaan laporan ini. Semoga
laporan PPL ini bermanfaat bagi seluruh pihak yang
membutuhkannya.
Ungaran, Oktober 2016
AHMAD SYARIFUDDIN
DAFTAR
ISI
HALAMAN
JUDUL ................................................................................................
HALAMAN
PENGESAHAN
..................................................................................
KATA
PENGANTAR ..............................................................................................
DAFTAR
ISI
.............................................................................................................
BAB
I PENDAHULUAN
........................................................................................
A. Arti,
Tujuan, dan Status PPL
............................................................................
B. Tempat
PPL
......................................................................................................
C. Waktu
PPL ........................................................................................................
D. Persiapan
Program Kerja
..................................................................................
1. Di
Kampus .................................................................................................
2. Di
Sekolah
.................................................................................................
BAB
II HASIL OBSERVASI .................................................................................
A. Tujuan
Satuan Pendidikan SD N 1-2
Kaliombo…………..............................
B. Sistem
Pendidikan Satuan Pendidikan SD N
1-2 Kaliombo………..............
C. Kurikulum
Satuan Pendidikan SD N 1-2
Kaliombo………….........................
D. Organisasi
Sekolah Satuan Pendidikan SD N 1-2
Kaliombo (Struktur Organisasi, Wewenang dan
Tanggung Jawab masing-masing unsur)
...........................................................................................................................
E. Sumber
Daya Manusia Satuan Pendidikan SD N
1-2 Kaliombo (Jumlah Guru, Karyawan, Kepangkatan dan
Perekrutan) ............................................
F. Siswa
Satuan Pendidikan SD N 1-2 Kaliombo (Jumlah
berdasarkan jenis kelamin, jumlah kelas dan paralelnya, dan siswa lainnya yang
relevan)
...........................................................................................................................
G. Kondisi
Fisik dan Lingkungan Satuan Pendidikan SD N
1-2 Kaliombo (Luar area, Sekolah, Jumlah ruang kelas, Ruang
laboratorium, Ruang guru dan Ruang kepala sekolah)
......................................................................................
H. Proses
Belajar Mengajar Satuan Pendidikan SD N
1-2 Kaliombo (Kegiatan guru secara umum, kegiatan guru mata
pelajaran “Y”, dan Kegiatan siswa)
.................................................................................................
I. Fasilitas
Pendidikan dan Latihan
.....................................................................
J. Komite
Sekolah
.................................................................................................
K. Hubungan
antara Satuan Pendidikan SD N 1-2
Kaliombo dengan instansi lain
.......................................................................................................
L. Usaha-usaha
Peningkatan Kualitas Lulusan
.....................................................
BAB
III PELAKSANAAN PROGRAM KEGIATAN .........................................
A. Kegiatan
Pembelajaran
.....................................................................................
B. Kegiatan
Ekstrakurikuler
..................................................................................
C. Kegiatan
Administrasi dan Pengelolaan Perpustakaan .....................................
D. Kegiatan
lain-lain
.............................................................................................
BAB IV REFLEKSI
................................................................................................
BAB
V PENUTUP
...................................................................................................
A. Simpulan
...........................................................................................................
B. Saran-saran
........................................................................................................
DAFTAR PUSTAKA
..............................................................................................
LAMPIRAN
.............................................................................................................
A. Laporan
hasil observasi sekolah
.......................................................................
B. Laporan
hasil observasi kegiatan guru dan siswa .............................................
C. Silabus
dan atau RPP
........................................................................................
D. Hasil
analisis Kesulitan belajar siswa
...............................................................
E. Buku
harian .......................................................................................................
F. Dokumentasi
kegiatan
.......................................................................................
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Arti,
Tujuan, dan Status PPL
1. Arti
Praktek Pengalaman Lapangan (PPL)
dirancang untuk melatih para calon guru agar memiliki kecakapan keguruan secara
lengkap dan terintegrasi. Program ini meliputi latihan pembelajaran dan latihan
melaksanakan tugas-tugas kependidikan selain pembelajaran.
PPL merupakan muara dari seluruh program
pendidikan pra-jabatan guru. Oleh karena itu, pelaksanaan PPL dilakukan sesudah
mahasiswa memperoleh bekal yang memadai dalam berbagai bidang yang berkaitan
dengan tugasnya sebagai guru, seperti penguasaan landasan pendidikan,
penguasaan mata pelajaran, dan pengelolaan proses pembelajaran.
2. Tujuan
PPL bertujuan agar praktikan memiliki
kompetensi berikut:
a. Mengenal
lingkungan sosial sekolah secara cermat dan menyeluruh, meliputi aspek fisik,
tata atministratif, serta tata kurikuler dan kegiatan kependidikan.
b. Menerapkan
berbagai kecakapan keguruan secara menyeluruh dan terintegrasi dalam situasi
nyata di bawah bimbingan Guru Pamong dan Dosen Pembimbing PPL.
c. Mengambil
manfaat dari pengalaman dari proses PPL agar semakin memiliki kecakapan
keguruan secara profesional.
3. Status
PPL
PPL
merupakan mata kuliah wajib lulus (WL) dengan bobot 4 SKS
dan nilai final minimal B.
B. Tempat
PPL
PPL
dilaksanakan di SD N 1-2 Kaliombo
Desa Kaliombo Rt: 03/1 kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara Kode Pos 59462
C. Waktu
PPL
PPL
dilaksanakan dengan sistem sebaran, pada awal tahun ajaran baru 2015-2016. PPL mulai
dilaksanakan pada tanggal 03
Agustus 2016 sampai dengan tanggal 03
Oktober 2016.
D. Persiapan
Program Kerja
1. Di
Kampus
Persiapan program kerja yang
dilaksanakan di kampus sebelum PPL yaitu adanya pembekalan PPL yang di
laksanakan pada tanggal 30
Juli 2016, di Kampus UNDARIS
UNGARAN. Pembekalan ini di ikuti oleh 15 peserta yang dari kelas
Jepara dari prodi PGSD.
2. Di
Sekolah
Persiapan program kerja
yang dilaksanakan di UPTD Kalinyamatan
dan di SD N
1-2 Kaliombo, yang bertepatan pada tanggal 03 Agustus 2016. Adapun
program-program kerja yang akan saya kerjakan selama pelaksanaan PPL di SD N 1-2 Kaliombo :
a. Kegiatan
pembelajaran.
b. Bimbingan
belajar.
c. Tugas
Administrasi.
d. Ko-Kurikuler.
e. Ekstrakurikuler.
f. Program
lain-lain :
1) Berpartisipasi
dalam pemeliharaan dan pendayagunaan pengajaran.
2) Rapat
sekolah.
3) Upacara
Bendera.
4) Membina Pramuka
5) Lomba
agustusan.
6) Karnaval.
7) Kemah
BAB
II
HASIL
OBSERVASI
A. Tujuan
Satuan Pendidikan SD N 1-2 Kaliombo
1. Visi
SD N 1-2 Kaliombo
“Terwujudnya anak didik yang cerdas trampil dan
berbudi luhur
2. Misi
SD N 1-2 Kaliombo
a.
Membentuk keimanan dan ketaqwaan kepada tuhan yang maha esa melalui
wadah pendidikan agama
b.
Mengembangkan dan menumbuhkan semangat dalam proses pendidikan dan
pengajaran yang berkuwalitas
c.
Menanamkan kepribadian yang
mantab dinamis serta berbudi pekerti luhur
d.
Mendorong siswa mengembangkan potensi dirinya sehinggadapat
dikembangkan secara optimal.
3.
Tujuan Sekolah SD N 1-2 Kaliombo
a.
Dapat mengamalkan
ajaran agama dari hasil proses pembelajaran dan kegiatan pembiasaan.
b.
Meraih prestasi
akademik maupun non akademik (minimal tingkat kabupaten).
c.
Menguasai dasar-dasar
iptek sebagai bekal untuk melanjutkan ke sekolah yang lebih tinggi.
d.
Menjadi sekolah pelopor
dan penggerak di lingkungan sekolah sekitar.
e.
Menjadikan sekolah yang
diminati masyarakat.
B. Sistem
Pendidikan Satuan Pendidikan SD N `1-2 Kaliombo
Sistem
Pendidikan satuan pendidikan SD N 1-2 Kaliombo menggunakan prinsip-prinsip sebagai berikut :
1. Pelaksanaan
kurikulum didasarkan pada potensi perkembangan dan kondisi peserta didik untuk
menguasai kompetensi yang berguna bagi dirinya. Dalam hal ini peserta didik
harus mendapatkan pelayanan pendidikan yang bermutu, serta memperoleh
kesempatan untuk mengekspresikan dirinya secara bebas , dinamis dan
menyenangkan.
2. Kurikulum
dilaksanakan dengan menegakkan kelima pilar belajar , yaitu:
a. Belajar
untuk beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
b. Belajar
untuk memahami dan menghayati,
c. Belajar
untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efaktif,
d. Belajar
untuk hidup bersama dan berguna bagi orang lain ,
e. Belajar
untuk membangun dan menemukan jati diri , melalui proses pembelajaran yang
aktif, kreatif, dan menyenangkan.
3. Pelaksanaan
kurikulum memungkinkan peserta didik
mendapat pelayanan yang bersifat perbaikan, pengayaan, dan atau percepatan
sesuai dengan potensi, tahap perkembangan dan kondisi peserta didik dengan
tetap memperhatikan keterpaduan pengembangan pribadi peserta didik yang
berdimensi ketuhanan , keindividuan, kesosialan, dan moral.
4. Kurikulum
dilaksanakan dalam suasana hubungan peserta didik dengan pendidik yang saling
menerima dan menghargai , akrab terbuka dan hangat, dengan prinsip tut wuri handayani, ing madya mangun karsa,
ing ngarsa sung tuladha (di belakang memberikan daya dan kekuatan, di
tengah membangun semangat dan prakarsa, di depan memberi contoh dan teladan).
5. Kurikulum
dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan multistrategi dan multimedia, sumber
belajar dan teknologi yang memadai, dan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai
sumber belajar , dengan prinsip alam tak
ambang jadi guru (semua yang terjadi,tergelar dan berkembang di masyarakat
dan lingkungan sekitar serta lingkungan alam semesta dijadikan sumber belajar ,
contoh dan teladan).
6. Kurikulum
dilaksanakan dengan mendayagunakan kondisi alam, sosial dan budaya serta
kekayaan daerah untuk keberhasilan pendidikan dengan muatan seluruh bahan
kajian secara optimal.
7. Kurikulum
yang mencakup seluruh komponen kompetensi mata pelajaran , muatan lokal dan
pengembangan diri diselenggarakan dalam keseimbangan , keterkaitan, dan
kesinambungan yang cocok dan memadai antar kelas dan jenis serta jenjang
pendidikan.
C. Kurikulum
Satuan Pendidikan SD N 1-2 Kaliombo
Kurikulum
satuan pendidikan Sekolah Dasar Negri
Kaliombo Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara adalah KTSP 2006. Kurikulum tersebut disusun dengan tujuan :
1.
Sebagai
acuan dalam pelaksanaan Pembelajaran di sekolah;
2.
Menjadikan
kurikulum lebih sesuai dengan kebutuhan daerah setempat;
3.
Menciptakan
suasana Pembelajaran di sekolah yang bersifat mendidik, mencerdaskan, dan
mengembangkan kreativitas anak;
4.
Menciptakan
Pembelajaran yang efektif, demokratis, menantang, menyenangkan dan
mengasyikkan.
D. Organisasi
Sekolah Satuan Pendidikan SD N 1-2
Kaliombo
Kepala
Sekolah : Giri Raharjo, S.Pd.SD
Komite : Kardiyan Hamdi S.Ag
Bendahara : Aswadi Suharto S.Pd.SD
Perpustakaan : Ahmad Yazid S.Pd
Guru
Kelas I : Renvi yati
Ama.Pd Cholifah
S.Pd
Guru
Kelas II : Damin S.Pd Ulfi
Wafiroh S.Pd
Guru
Kelas III : Fajar Ari W S.Pd
Guru
Kelas IV : H. Muser Dian
F
Guru
Kelas V : Aswadi Suharto S.Pd.SD Yazid
S.Pd
Guru
Kelas VI : Kasrun S.Pd AhmadKhusnadi
S.Pd
Guru
Mapel PAI : Mifrohkatun S.Pd i
Guru
Olahraga : Suyono
S.Pd
Guru
Mapel B.Inggris:Dina Kusumayanti S.Pd
Penjaga
Sekolah : Wafik Kalimi
E. Sumber
Daya Manusia Satuan Pendidikan SD N
1-2 Kaliombo
NO
|
NAMA
NIP
|
TEMPAT
TANGGAL LAHIR
|
PANGKAT
GOL.RUANG
|
JABATAN
|
1.
|
Giri Raharjo S.Pd.SD
NIP. 196011251962011002
|
Bantul
25/11/1960
|
IV/A
|
Kepala Sekolah
|
2.
|
Renvfiyanti, S.Pd
|
IV/A
|
Guru Kelas 1
|
|
3.
|
Ulfi Wafiroh, S.Pd
|
-
|
Guru Kelas
II
|
|
4.
|
Fajar Ari W, S.Pd
|
-
|
Guru Kelas
III
|
|
5.
|
H.Muser
|
IV/A
|
Guru Kelas
IV
|
|
6.
|
Aswadi Suharto, S.Pd
|
IV/A
|
Guru Kelas
V
|
|
7.
|
Kasrun, S.Pd
|
III/D
|
Guru Kelas
VI
|
|
8.
|
Suyono, S.Pd
|
III/A
|
Guru Kelas
PJOK
|
|
9.
|
Mifrokhatun, S.Pdi
|
-
|
Guru
PAI
|
|
10.
|
Dina Kusumayanti, S.P
|
-
|
Guru
B.Inggris
|
F. Siswa
Satuan Pendidikan SD N 1-2 Kaliombo
Siswa
satuan pendidikan SD SD N 2 Kaliombo
terdiri dari enam kelas dengan uraian sebagai berikut :
No.
|
KELAS
|
ROMBEL
|
JUMLAH SISWA
|
||
L
|
P
|
JML
|
|||
1.
|
I
|
I
|
12
|
14
|
26
|
2.
|
II
|
I
|
10
|
13
|
23
|
3.
|
III
|
I
|
13
|
22
|
35
|
4.
|
IV
|
I
|
12
|
8
|
20
|
5.
|
V
|
I
|
7
|
9
|
16
|
6.
|
VI
|
I
|
8
|
8
|
16
|
JUMLAH
|
62
|
74
|
136
|
G.
Kondisi Fisik dan
Lingkungan Satuan Pendidikan SD N
1-2 Kaliombo Kondisi fisik dan lingkungan satuan
pendidikan SD SD N 1-2 Kaliombo,
yaitu sebagai berikut :
1.
Jumlah Gedung :
2 Unit
2.
Luas lahan : 510
m²
3.
Luas Bangunan : m²
4.
Ruang Kelas : 6 ruang
a. Kelas
1 : 8 m x 7 m =
56 m²
b. Kelas
2 : 8
m x 7 m = 56 m²
c. Kelas
3 : 8 m x 7 m =
56 m²
d. Kelas
4 : 8 m x 7 m =
56 m²
e. Kelas
5 : 8 m x 7 m =
56 m²
f. Kelas
6 : 8m
x 7 m = 56 m²
5.
Ruang KS :
5mx5m =25 m²
6.
Ruang Guru : 1(8 m x 7 m) =
56 m²
7.
Ruang Perpustakaan :
5mx5m =25 m²
8.
WC
Guru : 3
9.
WC
Murid : 5
10.
Kantin :
3 m x 5 m = 15 m²
11.
Tempat Parkir : 3 m x 10 m = 30 m²
H. Proses
Belajar Mengajar Satuan Pendidikan SD N
1-2 Kaliombo
1. Kegiatan
guru secara umum, yaitu sebagai berikut :
a. Guru
membuka pelajaran.
b. Guru
mengabsen atau menyebut nama.
c. Suara
guru jelas.
d. Guru
sering bertanya kepada siswa.
e. Pertanyaan
guru diajukan ke perorangan.
f. Pertanyaan
guru diajukan kepada kelas.
g. Guru
memanfaatkan penguatan.
h. Guru
memberi tugas rumah.
i.
Sikap guru santai.
j.
Guru menulis di papan
tulis
k. Guru
sering berjalan kebelakang, kesamping, dan ketengah.
l.
Guru membuat rangkuman
pelajaran.
m. Evaluasi
di berikan kepada hal-hal berikut:
1) Setiap
indikator atau tujuan pembelajaran.
2) Sekelompok
indikator atau tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan
guru mata pelajaran.
Pada kegiatan guru mata
pelajaran meliputi sebagai berikut:
a. Kesiapan,
ruang, alat, dan media pembelajaran.
b. Memeriksa
kesiapan siswa.
c. Melakukan
kegiatan apresepsi.
d. Menyampaikan
kompetensi (tujuan yang akan dicapai dan rencana kegiatan).
e. Menunjukkan
penguasaan materi pembelajaran.
f. Mengaitkan
materi dengan pengetahuan lain yang relevan.
g. Melaksanakan
pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai.
h. Melaksanakan
pembelajaran secara runtut.
i.
Menguasai kelas.
j.
Melaksanakan
pembelajaran yang bersifat kontekstual.
k. Melaksanakan
pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif.
l.
Melaksanakan
pembelajaran sesuai alokasi waktu yang direncanakan.
m. Menunjukkan
keterampilan dalam penggunaan media
pembelajaran.
n. Menghasilkan
pesan yang menarik.
o. Melibatkan
siswa dalam pembuatan dan atau memanfaatkan media pembelajaran.
p. Merespon
posistif partisipasi peserta didik.
q. Menunjukkan
sikap terbuka terhadap respons peserta didik.
r.
Menunjukkan hubungan
antar pribadi yang kondusif.
s. Menumbuhkan
keceriaan dan antusiasme peserta didik dalam
belajar.
t.
Memantau kemajuan
belajar.
u. Melakukan
penilaian akhir sesuai dengan kompetensi.
v. Menggunakan
bahasa lisan secara jelas dan lancar.
w. Menggunakan
bahasa tubuh yang baik dan benar.
x. Menyampaikan
pesan dengan gaya yang sesuai.
y. Melakukan
refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa.
z. Melaksanakan
tindak lanjut dengan memberikan arahan, atau kegiatan atau tugas sebagai remidi
atau pengayakan.
3. Kegiatan
Siswa
Aktifitas siswa dikelas
dalam proses pembelajaran sebagai berikut:
a. Siswa
siap mengikuti proses pembelajaran.
b. Siswa
memperhatikan penjelasan guru.
c. Siswa
menanggapi pembahasan pembelajaran.
d. Siswa
mencatat hal hal yang penting.
e. Siswa
mengerjakan tugas dengan baik.
f. Siswa
sering bertanya.
g. Siswa
aktif
I. Fasilitas
Pendidikan dan Latihan
SD
n 1-2 Kaliombo memiliki fasilitas pendidikan yang lengkap,
seperti tersedianya alat peraga, LCD, sebuah perpustakaan yang berisi buku
sangat lengkap, selain fasilitas pendidikan di atas fasilitas latihanpun sudah
cukup lengkap, seperti: kelengkapan
pramuka, Tenis meja dll.
J. Komite
Sekolah
Susunan komite sekolah
SD N 1-2 Kaliombo, yaitu sebagai
berikut:
Ketua : Kardiyan Hamdi S.Pd
Wakil Ketua : Jamaludin malik
Sekretaris :
Ahmad Yazid
Bendahara :
Aswadi Suharto
Wakil
Orang Tua :
Kelas 1 : Haryanto
Kelas
2 : Santoso
Kelas
3 : Mustain
Kelas
4 : Sobari
Kelas
5 : Martono
Kelas
6 : Mualif
Unsur
Pendidik : Yazid, S.Pd
Unsur
Alumni : Ahmad Syarifuddin
Unsur
Desa :
Aqsol Amri
Unsur
Ulama : Kardiyan Khamdi, S.Pd
Unsur
Pengusaha : - - -
K. Hubungan
antara Satuan Pendidikan SD N 1-2
Kaliombo dengan instansi lain.
SD
N 1-2 Kaliombo ini menjalin
kerjasama dengan beberapa instansi lain untuk meningkatkan kualitas
pendidikan,kesehatan serta keamanan
karyawan dan siswa siswi dari SD N 1-2 Kaliombo ini. Instansi instansi tersebut anatara lain:
1. UPTD
Kecamatan Pecangaan
2. Kantor
Polisi
3. Puskesmas
4. Pemdes Kaliombo
5. ORMAS
di Kaliombo
L. Usaha-usaha
Peningkatan Kualitas Lulusan
Usaha
yang dilakukan oleh pihak sekolah untuk meningkatkan kualitas lulusan dari SD N 1-2 Kaliombo adalah sebagai
berikut :
a. Dengan
mengadakan jam tambahan atau les yang di ikuti kelas
4,5 dan
6 yang dilaksanakan pada
setiap malam di rumahnya beberapa
guru yang rumahnya berdekatan dengan sekolah .
b. Dengan
memberikan bimbingan khusus untuk siswa yang membutuhkan.
BAB
III
PELAKSANAAN
PROGRAM KEGIATAN
A. Kegiatan
Pembelajaran
1. Mengajar mata
pelajaran / tema.
Peserta PPL
mulai melaksanakan kegiatan belajar mengajar Setelah penyerahan mahasiswa dari UNDARIS
SUDIRMAN GUPPI ke SD N 1-2 Kaliombo. Pelaksanaan
kegiatan belajar mengajar ini di laksanakan selama dua bulan. Tiga
hari sebelum mulai
mengajar digunakan untuk
melaksanakan observasi sekolah
dan kelas. Tujuan observasi
ini adalah agar kami ( peserta PPL)
mengenal para siswa
dan situasi kelas.
Program kegiatan
belajar mengajar dilaksanakan melalui beberapa
tahap :
a.
Sebelum kegiatan
mengajar, pada tahap ini mahasiswa melakukan:
1)
Meminta bahan materi
yang diajarkan pada guru kelas sesuai dengan jadwal.
2)
Konsultasi dengan guru
pamong atau guru kelas mengenai bahan materi yang akan diajarkan.
3)
Menyusun persiapan
mengajar sesuai dengan format yang berlaku di sekolah.
4)
Pelaksanaan kegiatan
pembelajaran.
b.
Saat kegiatan belajar
mengajar.
Pada tahap ini, mahasiswa mengajar didepan
kelas untuk melihat kemampuan yang berkaitan dengan keterampilan membuka
pelajaran, memberi penguatan, menjelaskan, mengelola kelas, memimpin diskusi
kelompok.
Kegiatan ini masih sebagai ajang latihan mengajar
siswa di depan kelas, oleh karna itu peranan guru pamong dan guru kelas sangat
diperlukan untuk mengamati proses belajar mengajar yang di tampilkan oleh
mahasiswa. Pada akhir proses belajar mengajar dilaksanakan, guru pamong dan
guru kelas selalu memberikan saran dan masukan yang konstruktif agar nantinya
bisa melakukan proses belajar mengajar dangan lebih baik.
Dengan praktikum mengajar terbimbing ini
di harapkan mahasiswa PPL terbiasa untuk melakukan kegiatan rutin yang ada di sekolah dasar (SD), terutama
yang terkait dangan proses belajar mengajar dengan menerapkan berbagai
keterampilan mengajar dan menggunakan multi
metode secara baik, utuh dan sesuai dengan ilmu keguruan dan pendidikan dalam
hal ini di sekolah dasar (SD).
Materi kegiatan mengajar terbimbing ini
mengupayakan agar mahasiswa dapat menerapkan kemampuan mengajar secara utuh dan
integrasi yang dilaksanakan di dalam kelas sesungguhnya (bukan simulasi) dengan
bimbingan intensif guru pamong. Materi kegiatan mengajar terbimbing antara lain
:
1)
Pengembangan materi,
media dan sumber bahan.
2)
Penyusunan suatu
pelajaran atau persiapan mengajar dengan memperhatikan aspek-aspek sebagai
berikut :
·
Kemampuan menerapkan
bahan dan tujuan pembelajaran.
·
Kemampuan
mengorganisasikan materi, media dan sumber bahan.
·
Merancang skenario atau
strategi pembelajaran , pengelolaan kelas, merancang prosedur dan alat
evaluasi.
2. Mendiagnosis
Kesulitan Belajar dan Bimbingan Belajar terhadap Siswa.
Di dalam program bimbingan belajar ini
ada beberapa aspek yang diperhatikan:
a. Identifikasi
siswa bermasalah.
Dari
observasi yang telah saya lakukan di awal Praktek Pengalaman Lapangan (PPL),
ada beberapa siswa yang mempunyai masalah dalam kegiatan pembelajaran.
Masalah-masalah tersebut, antara lain:
1) Anak
belum bisa mengenal atau memahami huruf dan angka.
2) Anak
belum lancar menulis dengan baik.
3) Anak
belum bisa memahami bunyi kosa kata.
4) Anak
belum bisa mengontrol ego atau emosi.
5) Anak
hiperaktif.
6) Anak
suka mengobrol atau mengajak berbicara dengan temannya ketika KBM berlangsung.
7) Anak
belum bisa membaca dengan lancar.
8) Kurangnya
mental anak dalam memaparkan hasil kerja kelompok yang berimbas pada bahasa
yang kurang komunikatif.
Adapun siswa-siswa yang mempunyai
masalah dalam kegiatan pembelajaran, yaitu:
1) Kelas
2 (Kelas Rendah)
·
Faris
Anak
belum mampu merangkai huruf menjadi kosakata dan anak belum bisa memahami
maksud yang di ajarkan oleh guru.
Permasalahan : Belum bisa memahami bunyi kosakata.
·
Anak
masih terlalu egois, karena anak belum bisa mengalah dengan temannya.
Permasalan : Belum bisa mengontrol ego atau
emosi.
2) Kelas
3 (Kelas Rendah)
·
Adam
Anak
terlalu aktif dan terkadang anak kurang hormat kepada guru.
Permasalahan : Hiperaktif.
·
Muhammad Dayatuallah
Anak
suka berbicara dengan temannya ketika kagiatan belajar mengajar berlangsung,
sehingga selain mengganggu teman yang ada disebelahnya, anak jadi kurang
maksimal dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru.
Permasalahan : Suka mengobrol atau mengajak berbicara
dengan temannya ketika KBM berlangsung.
3) Kelas
4 (Kelas Tinggi)
·
Ana Rostiana
Anak
belum lancar membaca, sehingga dalam menulis dan mengerjakan soal selalu
tertinggal dengan temannya.
Permasalahan : Belum bisa membaca dengan lancar.
4) Kelas
5 (Kelas Tinggi)
·
Fadhila Imalia Alfiani
Rasa
percaya diri anak kurang. Sehingga dalam memaparkan hasil diskusi dari hasil
kelempoknya anak masih mempunyai rasa malu yang berimbas pada bahasa yang
kurang komunikatif.
Permasalahan :
Kurangnya mental anak dalam memaparkan hasil kerja kelompok yang berimbas pada
bahasa yang kurang komunikatif.
b. Prioritas
pemberian bimbingan.
1) Pada
siswa kelas 1 yang menjadi prioritas utama saya adalah melatih siswa untuk
mengenal huruf dan menulis.
2) Pada
siswa kelas 2 yang menjadi prioritas utama saya adalah memberikan pengertian
kepada anak dengan cara mendekati anak dan mengajak bicara baik-baik ketika
anak melakukan kesalahan serta melatih siswa untuk belajar membaca.
3) Pada
siswa kelas 3 yang menjadi prioritas utama saya adalah dengan mendekati anak
dengan cara selayaknya teman, guru memberi nasihat dan memberi atau melontarkan
pertanyaan secara individu serta mengadakan kuis atau game sehingga anak
tertarik atau fokus untuk memperhatikan pelajaran.
4) Pada
siswa kelas 4 yang menjadi prioritas utama saya adalah Pada waktu istirahat
atau waktu senggang, anak diminta untuk belajar membaca di perpustakaan.
5) Pada
kelas 5 yang menjadi prioritas utama saya adalah memberikan latihan pengasahan
mental dan juga melatih bahasa komunikatif.
c. Memperkirakan
alternatif pemecahan.
Adapun perkiraan
alternatif pemecahan masalah dari prioritas bimbingan yang akan saya ambil,
yaitu:
1) Dengan
menunjukan huruf abdjad dari A sampai Z.
2) Dengan
bimbingan individu.
3) Dengan
bimbingan kelompok.
4) Dengan
memberikan latihan secara rutin.
d. Menentukan
alternatif pemecahan.
Dari
perkiraan alternatif pemecahan masalah diatas ada beberapa alternatif yang akan saya gunakan dalam melakukan bimbingan belajar, yaitu:
1) Dengan
menunjukan huruf abjad dari A sampai Z bagi anak yang belum mengenal huruf.
2) Dengan
bimbingan individu bagi anak yang belum bisa menulis dan membaca.
3) Dengan
memberikan latihan secara rutin kepada anak-anak yang kurang bisa.
e. Pelaksanaan
bimbingan.
Pelaksanaan
bimbingan dilakukan di kelas 1, 2, dan 3 setelah selesai jam pelajaran atau
pada waktu istirahat atau waktu senggang. Kegiatan bimbingan belajar ini di mulai pada tanggal 12 Agustus
2016 sampai 29 Agustus 2016.
Pelaksanaan
bimbingan dilakukan di kelas 4 dan 5 setelah selesai jam pelajaran atau pada
saat pulang sekolah. Kegiatan bimbingan
belajar ini di mulai pada tanggal 07 September 2016 sampai 03 Oktoberber
2016.
f. Pemberian
tindak lanjut.
Setelah
dilakukan bimbingan sebanyak 3 kali pertemuan siswa diberikan tindak lanjut
dengan cara latihan-latihan tanpa dengan bimbingan guru (berlatih mandiri).
3. Kokurikuler.
Kokurikuler
adalah kegiatan-kegiatan siswa di luar intrakurikuler yang sangat mendukung
terhadap keberhasilan pembelajaran pada kegiatan intrakurikuler. Adapun
kegiatan kokurikuler yang akan saya lakukan adalah sebagai berikut:
a. Kelas
1
Pada
mata pelajaran SBK, guru memberi kegiatan pembelajaran meronce dengan bentuk
pola dan warna secara beraturan. Contoh: merah, kuning, hijau, merah, kuning,
hijau).
b. Kelas
2
Pada
mata pelajaran SBK, guru memfasilitasi berupa kertas lipat, gunting, lem kertas
dan kertas gambar. Siswa di suruh menggunting bentuk-bentuk geometri (Segitiga,
segiempat, lingkaran, persegi panjang dan lain-lain), kemudian siswa merangkai
bentuk-bentuk geometri tersebut menjadi sebuah karya seni ( rumah,
orang-orangan, pohon, binatang seperti ayam, ulat, dan lain-lain).
c. Kelas
3
Pada
mata pelajaran tematik ( Bhs indonesia dan IPA), siswa bermain peran cerita
hewan tentang berbagai macam perkembangbiakan hewan. Contoh: guru menyediakan
properti yang diperlukan seperti berbagai gambar hewan (elang, kambing,
harimau, itik, kucing) yang kemudian di buat menjadi mahkota yang akan dipakai
anak sebagai tokoh atau peran dalam
cerita tersebut dan guru memfasilitasi cerita hewan yang kemudian dipraktikan
atau di ceritakan oleh siswa di depan kelas.
d. Kelas
4, 5 dan 6
Pada
mata pelajaran Bhs Indonesia, guru memberikan kegiatan kepada siswa untuk
membuat mading.
Kegiatan Kokurikuler
No
|
Kelas
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Tanggal
Pelaksanaan
|
1.
|
1
(satu)
|
Pada mata
pelajaran SBK, guru memberi kegiatan pembelajaran meronce dengan bentuk pola
dan warna secara beraturan. Contoh: merah, kuning, hijau, merah, kuning, hijau).
|
Sabtu, 22
Agustus 2016
|
2.
|
2
(dua)
|
Pada mata
pelajaran SBK, guru memfasilitasi berupa kertas lipat, gunting, lem kertas
dan kertas gambar. Siswa di suruh menggunting bentuk-bentuk geometri
(Segitiga, segiempat, lingkaran, persegi panjang dan lain-lain), kemudian
siswa merangkai bentuk-bentuk geometri tersebut menjadi sebuah karya seni (
rumah, orang-orangan, pohon, binatang seperti ayam, ulat, dan lain-lain).
|
Sabtu, 29
Agustus 2015
|
3.
|
3
(tiga)
|
Pada mata
pelajaran tematik ( Bhs indonesia dan IPA), siswa bermain peran cerita hewan
tentang berbagai macam perkembangbiakan hewan. Contoh: guru menyediakan
properti yang diperlukan seperti berbagai gambar hewan (elang, kambing,
harimau, itik, kucing) yang kemudian di buat menjadi mahkota yang akan
dipakai anak sebagai tokoh atau peran
dalam cerita tersebut dan guru memfasilitasi cerita hewan yang kemudian
dipraktikan atau di ceritakan oleh siswa di depan kelas.
|
Selasa, 11
Agustus 2015
|
4.
|
4,
5 dan 6
|
Pada mata
pelajaran Bhs Indonesia, guru memberikan kegiatan kepada siswa untuk membuat
mading.
|
Senin, 07
September 2016
Selasa, 08
September 2016
Rabu, 09
September 2016
|
B. Kegiatan
Ekstrakurikuler
Ekstrakurikuler
adalah kegiatan yang dilakukan diluar jam sekolah. Kegiatan ini bertujuan
untuk memperluas pengetahuan
siswa, menambah ketrampilan
siswa, menyalurkan bakat dan minat siswa. Kegiatan ekstrakurikuler yang
dilaksanakan di SD N Kaliombo, yaitu sebagai berikut:
1. Hisbul
Waton (HW).
Kegiatan
ini dilakukan agar
siswa memiliki mental dan
budi perkerti yang tinggi,
taat beribadah serta
dapat berjiwa sebagai
pemimpin. Diskripsi program ekstrakurikuler HW (Hisbul Waton), adalah
sebagai berikut:
No.
|
Diskripsi
Program
|
Kelas
|
Hari
/ Tanggal Pelaksanaan
|
1.
|
a. Tari
b. Pantonim
|
5,
dan 6
|
Kamis
- Sabtu, 10 dan 12 September 2016
|
2.
|
a. Menyanyi
b. Membuat Yel-yel
|
4,
5, dan 6
|
Senin,
14 September 2016
|
3.
|
a. Talitemali
b. Materi Hisbul Waton (HW)
|
4,
5, dan 6
|
Selasa,
15 September 2016
|
4.
|
a. Mencari Jejak
b. Menunjukkan empat arah mata
angin
|
4,
5, dan 6
|
Rabu,
16 September 2016
|
5.
|
a. Tari
b. Pantonim
c. Mengecat Tongkat
d. Persiapan Peralatan Kemah
|
4,
5, dan 6
|
Kamis,
17 September 2016
|
2. Mengenalkandan
mengajaribermain musik dan seni(keyboard&gitar)
Dengan kegiatan
ini senantiasa siswa
yang mengikuti ekstrakurikuler lebih
terampil dalam mempraktekkan
ketrampilannya dalam hal seni & musik khususnya seni musik yaitu keyboard dan gitar.
Diskripsi program ekstrakurikuler seni musik, adalah sebagai berikut:
No.
|
Diskripsi
Program
|
Kelas
|
Hari
/ Tanggal Pelaksanaan
|
1.
|
Drumb Band
|
3,
4, 5, dan 6
|
Rabu, 12
Agustus 2016
Sabtu, 15
Agustus 2016
Rabu, 19
Agustus 2016
Sabtu, 22
Agustus 2015
Senin, 24
Agustus 2016
|
3. Tenis
Meja
Dengan kegiatan
ini senantiasa siswa
yang mengikuti ekstrakurikuler lebih
terampil dalam mempraktekkan
teori olahraga khususnya
Tenis meja.
No.
|
Diskripsi
Program
|
Kelas
|
Hari
/ Tanggal Pelaksanaan
|
1.
|
Permainan Bola
Volly
|
3,
4, 5, dan 6
|
Sabtu, 29
Agustus 2016
Sabtu, 05
September 2016
Senin, 07
September 2016
Senin, 21
September 2016
Sabtu, 03
September 2016
|
C. Kegiatan
Administrasi dan Pengelolaan Perpustakaan
1. Kegiatan
Administrasi.
Administrasi adalah segala usaha bersama
untuk mendayagunakan sumber-sumber, baik personal maupun material, secara
efektif dan efesien guna menunjang tercapainya tujuan pendidikan di sekolah
secara optimal.
Berikut kegiatan administrasi yang
dilaksanakan di SD N 1-2 Kaliombo:
No
|
Jenis
kegiatan
|
Tanggal
pelaksanaan
|
1.
|
Administrasi Kantin
|
10 Agustus – 03 Oktober 2016
|
2.
|
Administrasi Infak dan tabungan
siswa
|
10 Agustus – 03 Oktober 2016
|
3.
|
Administrasi Inventaris Barang
|
10 September 2016
|
4.
|
Administrasi Perpustakaan
|
12 September 2016
|
5.
|
Mengoreksi hasil kerja siswa
|
30 September 2016
|
2. Pengelolaan
Perpustakaan.
Kelengkapan
administrasi perpustakaan sekolah, yaitu sebagai berikut:
a.
Ruang Perpustakaan.
Sebuah perpustakaan merupakan tempat dimana
setiap ilmu berupa buku atau media lain dapat tersimpan dengan baik. Dengan
adanya ruangan, maka segala kelengkapan yang ada di dalamnya dapat terjaga
dengan baik dari kerusakan berupa hujan atau pengaruh luar lainya.
Dengan adanya ruangan, siswa juga lebih bisa
memfokuskan diri untuk mendapat pengajaran secara langsung dan terhindar dari
gangguan yang bisa merusak konsentrasinya.
b.
Pengelolaan perpustakaan.
Sebuah perpustakaan tidak bisa terbelengkai
begitu saja tanpa adanya peran seorang pengelola. Sebuah sekolahan yang baik
dan terorganisir tentu menempatkan beberapa staf atau pegawainya untuk bisa
mengelola sebuah perpustakaan. Pemerintah pun kini memberi sebuah penawaran
khusus bagi mereka yang berkecimpung di dalam pengelolaan dengan menjadi
pegawai negeri sipil. Dengan adanya pengelolaan yang baik setiap administrasi
perpustakaan sekolah baik yang bersifat ilmu maupun berupa kelengkapan dapat
terjaga dan terawasi dengan baik
c.
Program kerja perpustakaan sekolah.
Dalam setiap kegiatan, program kerja menjadi
hal yang wajib untuk dapat mengarahkan tujuan yang ingin di capai. Dengan
adanya program kerja di perpustaakan sekolah, pengelolaanya dapat menetapkan
sebuah aturan yang nantinya bisa memberikan manfaat, baik itu kenyamanan
ataupun keamanan dari fungsi perpustaan tersebut. Untuk jangka panjangnya,
perpustakaan harus menjadi suatu sistem yang dapat mengharumkan nama sekolah
dengan kerapihan data dan kearifan dalam pengelolaan perpustakaan itu sendiri.
d.
Kelengkapan perpustakaan.
Banyak kelengkapan perpustakaan yang kurang
mendapat dukungan sekolah. Tak hanya sekedar buku bacaan saja, namun
kelengkapan lainya seperti almari susun, meja dan kursi mutlak di perlukan. Di
samping hal itu keamanan dari pihak pengelola seperti kartu peminjaman untuk
siswa dan katalog buku-buku menjadi hal yang harus di prioritaskan pula.
D. Kegiatan
lain-lain
1. Berpartisipasi dalam
pemeliharaan dan pendayagunaan
sarana pengajaran. Adapun partisipasinya:
a. Ikut serta
dalam perawatan alat
peraga di ruang media pembelajaran.
b. Ikut serta
dalam perawatan UKS.
c.
Ikut serta
dalam menjaga kebersihan
lingkungan kelas maupun lingkungan sekitar sekolah.
2. Rapat Sekolah.
Rapat sekolah
merupakan kegiatan yang sangat
penting untuk menjaga komunikasi
antara kepala sekolah dengan guru-guru
dan para karyawan yang ada di lembaga sekolah tersebut, sehingga program-program sekolah
senantiasa terlaksana dengan
baik. Berikut rapat sekolah
yang dilaksanakan :
a.
Rapat tentang
berjalannya PPL di SD N 1-2 Kaliombo.
b.
Rapat persiapan
menghadiri Upacara 17 Agustus.
c.
Rapat persiapan lomba
untuk ikut berpartisipasi dalam memeriahkan hari kemerdekaan rakyat indonesia.
d.
Rapat untuk mengikuti
kegiatan yang diselenggarakan oleh desa yaitu berupa karnaval.
e.
Rapat persiapan kemah
f.
Rapat evaluasi kegiatan
PPL.
g.
Rapat perpisahan
mahasiswa PPL.
3. Upacara
bendera.
Upacara bendera
merupakan kegiatan rutin
yang dilaksanakan setiap senin
pagi atau setiap
tanggal 17 Agustus pada setiap
tahunnya. Kegiatan ini
bertujuan untuk senantiasa mewujudkan
aktivitas sekolah yang
disiplin dan tertib.
4. Lomba
Agustusan.
Kegiatan
ini merupakan suatu kegiatan dalam memperingati HUT RI yang ke-71 yang berupa
berbagai jenis lomba anak-anak seperti:
a.
Lomba membawa kelereng
dengan menggunakan sendok(sendok digigit menggunakan gigi agar tidak
jatuh)
b.
Lomba memasukkan pensil
kedalam botol (pensil ditali dengan badan dengan posisi pensil berada di
belakang).
c.
Lomba memecahkan air
menggunakan pelepah pisang dengan mata tertutup.
Semua
jenis perlombaan tersebut di ikuti oleh semua siswa-siswi SD N 1-2 Kaliombo
dimulai dari kelas 1 sampai kelas 6. Kegiatan perlombaan tersebut dilaksanakan
pada hari selasa tanggal 18 Agustus 2016.
5. Karnaval.
Kegiatan
ini merupakan suatu kegiatan yang di selenggarakan dalam memperingati HUT RI
yang ke-71. Kegiatan karnaval ini di ikuti oleh seluruh warga termasuk sekolah-sekolah
yang ada di desa Kaliombo.
Karnaval ini dilaksanakan pada hari
selasa tanggal 25 Agustus 2016 yg memerkasai teman-teman dari PR IPNU_IPPNU
desa kaliombo.
6. Kemah
Kegiatan
kemah ini merupakan kegiatan dalam
melanjutkan memeriahkan hari kemerdekaan serta sebagai lanjutan dari
kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan
kemah , dilaksanakan selama 3 hari 2 malam, yaitu pada tanggal 18 sampai 20
September 2016, kegiatan ini dilaksanakan di Lapangan kecamatan Pecangaan yang di ikuti oleh seluruh SD & SMP se
kecamatan Pecangaan, mulai dari tingkatan sekolah dasar (SD) sampai sekolah
menengah pertama (SMP) dan alhamdulilah dapat juara 3 yang langsung di umumkan
oleh kepalah sekolah SD N Kaliombo kemenangan ini berkah dan usaha dari team
ppl Undaris sehingga menjadi kebanggaan bagi kami khususnya team ppl Undaris di
SD N 1-2 kaliombo, semoga juga menjadi kebanggaa bagi keluarga besar Undaris
khususnya FKIP PGSD.
BAB
IV
REFLEKSI
A. Manfaat
PPL bagi praktikan
Sungguh
menjadi pengalaman yang luar biasa bagi praktikan dalam melaksanakan PPL di SD
N 1-2 Kaliombo, adapun manfaat PPL diantaranya :
1.
Praktikan memperoleh kesempatan mengajar yang dibimbing
oleh guru profesional sehingga kami dapat melaksanakan pembelajaran dengan
menggunakan strategi, pendekatan, dan metode yang sesuai. Dengan begitu, kami
senantiasa mengasah kecakapannya sebagai calon guru.
2.
Praktikan mendapat kesempatan mengenal lingkungan
sosisal sekolah baik kepada guru, karyawan, maupun aktivitas sekolah lainnya
dan juga meliputi aspek fisik tata administrasi dan kegiatan kependidikan yang
semuanya itu sangat penting kedepannya bagi kami, yaitu sebagai calon guru yang
profesional.
B. Hambatan
yang di hadapi
Bagi
praktikan ada beberapa hambatan dalam pelaksanaan PPL yaitu sebagai berikut :
1. Kurangnya
penguasaan oleh praktikan dari pada metode-metode pembelajaran.
2. Kurangnya
pengarahan dan komunikasi dengan dosen pembimbing lapangan, sehingga praktikan
dalam melaksanakan program PPL jauh dari
kata sempurna.
C.
Kelebihan / kekuatan
yang ditemukan pada diri sendiri yang akan menunjang tugas sebagai guru di
kemudian hari:
1. Senantiasa
menerima masukkan dari guru pamong maupun dewan guru lainnya dalam pelaksanaan
praktek pengalaman lapangan di SD N 1-2 Kaliombo.
2. Senantiasa
disiplin waktu untuk melaksanakan PPL dalam kurun waktu dua bulan ini.
D. Mengetahui kelemahannya sendiri sebagai calon
guru
Kami
mengakui bahwa banyak kekurangan dalam melaksanakan praktek terutama dalam hal kode etik sebagai guru baik berupa tutur
kata dan sikap ketika mengajar maupun berkomunikasi dengan warga sekolah.
E. Usaha-usaha
yang diperlukan untuk mengatasinya
1. Senantiasa
mengikuti bimbingan dari guru pamong maupun aktivitas sekolah lainnya.
2. Kami
selalu menyadari bahwa kami masih banyak
kekurangan dalam berbagai aspek kompetensi guru.
3. Sebagai
manusia kami tidak lepas dari kesalahan
dan kekurangan, maka kami senantiasa
belajar dari semua kesalahan untuk mencapai hal yang lebih baik lagi.
BAB
V
PENUTUP
A. Simpulan
Dari
hasil pengamatan selama pelaksanaan PPL ini, maka dapat disimpulkan sebagai
berikut:
1. Kegiatan
PPL dilaksanakan pada tanggal 04 Agustus 2016.
2. Kondisi
lingkungan sekolah sudah cukup baik dilihat dari kebersihan ruangan-ruangan
yang ada di sekolah, sanitasi, dan lingkungan di sekitar sekolah.
3. Dengan
jumlah siswa yang tidak begitu banyak, tidak menyurutkan semangat belajar
siswa.
4. Jumlah
guru di SD N Kaliombo ada 16 orang.
5. Interaksi
sosial di SD N 1-2 Kaliombo berjalan dengan cukup baik dan harmonis antar semua
warga sekolah. Sehingga interaksi yang dilakukan menciptakan lingkungan kerja
dan pembelajaran yang nyaman.
6. Pelaksanaan
tata tertib di SD N 1-2 Kaliombo sudah dilaksanakan dengan sangat baik oleh
seluruh warga sekolah.
7. Pengelolaan
administrasi dan kegiatan ekstra kurikuler juga berjalan dengan baik sesuai
dengan tujuan yang telah ditentukan.
8. Kegiatan
belajar mengajar terbimbing, latihan
mandiri, dan pelaksanaan ujian berjalan dengan cukup baik dan kondusif sehingga
kami selaku mahasiswa PPL dapat menyelesaikan dan mengakhiri rangkaian kegiatan tersebut dengan
mengadakan perpisahan antara mahasiswa PPL dengan seluruh keluarga besar SD N
1-2 Kaliombo.
9. Melalui
PPL ini, kami dapat:
a. Memperoleh
keterampilan dalam menyajikan materi pelajaran dengan teknik dan metode yang tepat,
benar, dan efektif dalam mengelola kelas.
b. Memperoleh
pengetahuan yang berkenaan dengan kegiatan pendidikan di sekolah dasar sebagai
pelengkap dari ilmu pengetahuan yang di peroleh di bangku kuliah. Seperti:
struktur organisasi sekolah / kelas beserta tugas-tugasnya, macam - macam
perangkat pembelajaran yang wajib di buat oleh guru atau mahasiswa PPL beserta
cara membuatnya, metode dan teknik yang
tepat untuk mengajarkan suatu materi pelajaran, dan teori tentang cara megajar
yang benar dan efektif.
c. Memiliki
mental yang kuat untuk berani tampil mengajar di kelas dan bersosialisasi
dengan siswa, guru, staf tata usaha, dan
kepala sekolah.
d. Memiliki
kepribadian, sikap, dan tingkah laku seorang guru.
e. Menerapkan
teori-teori keguruan dan ilmu pendidikan yang kami peroleh selama di bangku
kuliah pada situasi yang real pada SD N 1-2 Kaliombo.
f. Berlatih
memberikan bimbingan terhadap anak yang mengalami kesulitan belajar.
g. Mengembangkan
kreatifitas sebagai seorang guru yang ingin profesional dan berakhlak mulia.
h. Ikut
terlibat aktif di sekolah secara menyeluruh.
10. Hal-hal
yang harus di lakukan guru jika ingin tujuan pengajaran yang ditulis di Rancana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) tercapai adalah:
a. Mengetahui
kemampuan siswanya dalam menangkap
pelajaran. Dalam arti tidak membuat tujuan pengajaran yang lebih tinggi dari
kemampuan siswa.
b. Harus
tanggap melihat mimik wajah dan tingkah laku siswa selama menyampaikan materi
pengajaran baru. Mimik wajah dan tingkah
laku tersebut bisa menjadi tanda mereka tidak mengerti penjelasan guru.
c. Melakukan
test formatif untuk mengetahui bagian pengajaran mana yang belum atau sudah di
mengerti. Guru harus mengulang penjelasan secara lebih sederhana jika siswa
yang sudah mengerti kurang dari 70% dari seluruh siswa di kelas tersebut.
d. Guru
harus selalu berusaha mengembangkan diri atau meningkatkan prestasinya dari
kegiatan-kegiatan mengajar sebelumnya.
B. Saran-saran
Dari
pelaksanaan PPL ini dapat disarankan kepada pihak-pihak yang terkait antara
lain:
1. Terhadap
Lembaga penyelenggara.
a. Kepada
lembaga UNDARIS untuk kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) lebih baiknya
meningkatkan komunikasi kepada pihak sekolah SD N 1-2 Kaliombo dan mahasiswa
praktikan agar tidak terjadi kesalahpahaman terkait dengan program-progam
kampus.
b. Dalam
kegiatan pembekalan pihak UNDARIS seharusnya meningkatkan kualitas penyampaian
materi PPL kepada mahasiswa sehingga mahasiswa mampu mempraktekan PPL dengan
baik dan meminimalisir kesalahan-kesalahan yang bisa terjadi.
2. Terhadap
Pihak Sekolah.
a. Kepada
SD N 1-2 Kaliombo terus berusaha untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas
dalam bidang akademik maupun non akademik agar mampu bersaing dengan sekolah lain pada
tingkat Kabupaten, Propinsi, bahkan tingkat Nasional. Sehingga SD N 1-2
Kaliombo yang sudah membanggakan dengan
prestasi selama ini akan semakin membanggakan untuk kedepannya.
3. Terhadap
Guru Pembimbing (Pamong).
a. Kepada
Bapak / Ibu dewan guru SD N 1-2 Kaliombo
yang telah ikhlas membimbing kami dengan segala kekurangan dan kemampuan kami selama ini tiada
kata yang dapat kami ucapkan selain terimakasih atas bimbingan dan arahannya.
Terus berusaha untuk meningkatkan profesionalisme dalam mendidik, mengajar, dan
membimbing siswa dan mahasiswa peserta PPL
sehingga bisa mencetak generasi yang unggul dalam keilmuan dan santun
dalam pergaulan.
4. Terhadap
Peserta Praktik Pengalaman Lapangan (PPL).
a. Pelaksanaan
praktik hendaknya dilakukan dengan penuh kesungguhan dan keikhlasan agar
praktikan mendapatkan pengalaman yang maksimal.
b. Praktikan
benar-benar menerapkan praktik lapangan selama waktu yang ditentukan, karena
merupakan kesempatan untuk mengaplikasikan ilmu yang didapat dari perkuliahan.
c. Praktikan harus selalu menjaga sikap dan
menjaga nama baik almamater yang disandang selama melaksanakan Praktik
Pengalaman Lapangan (PPL).
DAFTAR PUSTAKA
Buku
Pedoman Praktek Pengalaman Lapangan FKIP UNDARIS.
Buku
Pedoman Penulisan Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).
Data sekolah SD N 1-2 Kaliombo
Komentar
Posting Komentar