Rpp tematik Kelas 1 SD tema Keluarga



PERANGKAT PEMBELAJARAN
Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)  Tematik

DENGAN TEMA : Keluarga



















Nama : Ahmad syarifuddin
nim    :                   12320041

 












































Nama Sekolah     :  SD N 1
Tema                    :  Keluarga  
Kelas/Semester    :  I / 1

Standar Kompetensi :
1. IPS              :  Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling 
                           menghormati   dalam kemajemukan keluarga.        
2. IPA              :  Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya serta cara 
                           perawatannya.
3. PKN            :  Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.
4. Matematika :  Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20.
5. Bahasa Indonesia :
·   Mendengarkan : Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang   
                             dilisankan.
·   Berbicara        :  Mengungkapkan  fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamasi.
·   Membaca        : Memahami teks pendek dengan membaca nyaring.
·   Menulis           :  Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.
6.      Seni Budaya dan Keterampilan  : Mengapresiasi karya seni musik.

Kompetensi Dasar  :
            1. IPS  :
·         Menceritaan pengalaman

         2. IPA :
·         Membiasakan hidup sehat.

3.  PKN :
·         Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa.

4.  Matematika :
·         Menyelesaikan  masalah yang terkait penumlahan sampai dengan 20.
·         Menentukan waktu ( pagi, siang, malam) hari dan jam ( secara bulat)

            5.  Bahasa Indonesia :
·         Melaksanakan sesuatu  sesuai  dengan perintah atau   petunjuk sederhana.
·         Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita
·         Menyapa orang lain dengan kalimat sapaan yang tepat   dan bahasa yang  
                        santun.
·         Mendeskripsikan benda-benda sekitar dan fungsi   anggota tubuh dengan
kalimat sendiri
·         Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang   tepat.
·         Menjiplak berbagai bentuk  gambar, lingkaran, dan  bentuk huruf
·         Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
·         Mencontoh huruf , kata, atau  kalimat sederhana dari buku atau papan tulis 
      dengan benar.
·         Melengkapi kalimat yang   belum selesai berdasarkan gambar

6.      Seni Budaya dan Keterampilan :
·         Mengidentifikasi unsur/ elemen musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia

I.          Tujuan Pembelajaran**  :
·         Siswa dapat menceritakan pengalaman waktu kecil berdasarkan pengalaman.
·         Siswa dapat menjelaskan cara dan keuntungan merawat kebersihan tubuh.
·         Siswa dapat menyebutkan 5 suku bangsa yang terbesar di Indonesia.
·         Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri dari tiap suku bangsa ( bahasa, adat istiadat, budayanya).
·         Siswa dapat menjelaskan Bhineka tunggal ika.
·         Siswa dapat memecahkan permasalahan sehari-hari yang terkait penjumlahan dan pengurangan hasil sampai 20.
·         Siswa dapat mengurangkan bilangan dengan bilangan iyu sendiri sehingga hasilnya 0
·         Siswa dapat mengenal konsep waktu.
·         Siswa dapat melakukan sesuatu sesuai dengan permintaan.
·         Siswa dapat menceritakan isi  serta menjawab pertanyaan seputar isi dongeng.
·         Siswa dapat menyapa teman, guru, orang tua dengan bahasa sederhana yang santun.
·         Siswa dapat menceritakan gambar seri atau tunggal.
·         Siswa dapat mendeskripsikan benda.
·         Siswa dapat membaca huruf, kata dan kalimat dengan suara nyaring dan lafal yang benar.
·         Siswa dapat menjiplak, menebalkan, menyalin huruf, kata dan kalimat dengan bentuk huruf/ tulisan yang baik.
·         Siswa dapat melengkapi kalimat dengan kata yang tepat.
·         Siswa dapat menyebutkan sumber bunyi, jenis bunyi, dan memperagakannya.

v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )

II. Materi Ajar  ( Materi Pokok ) :
·         Peristiwa masa kecil
·         Kebutuhan tubuh untuk tumbuh sehat dan kuat.
·         Hidup rukun dalam perbedaan.
·         Oprasi hitung bilangan.
·         Satuan pengukuran.
·         Kalimat perintah
·         Kalimat sapaan
·         Deskripsi benda-benda di sekitar.
·         Membaca nyaring.
·         Menjiplak dan menebalkan huruf, kata dan kalimat.
·         Unsur-unsur musik dan bunyi berdasarkan pengalaman musik.

III. Metoda Pembelajaran :
·         Ceramah
·         Diskusi.
·         Tanya jawab.
·         Demontrasi.
·         Pemberian tugas.

IV. Langkah-langkah pembelajaran :
A.  Kegiatan awal :
Apresepsi/ Motivasi :
·         Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
·         Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
·         Mengumpulkan tugas/ PR

B. Kegiatan inti   :
      Minggu I
      Pembelajaran Pertama  ( IPA, PKN, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui penjelasan guru dan pengalaman, siswa dapat menjelaskan keuntungan merawat anggota tubuh agar tetap bersih dan sehat.
F Menjelaskan alasan mencuci tangan, dan menjelaskan keuntungan mencuci tangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memeragakan mencuci tangan sebelum dan sesudah makan atau sesudah melakukan kegiatan yang menyebabkan tangan menjadi kotor.
F Melalui penjelasan guru, siswa dapat menceritakan nama suku bangsa yang ada  di Indonesia.
F Melalui diskusi dan tanya jawab siswa dapat mengelompokkan suku bangsa yang terbesar
F Menyebutkan 5 suku terbesar yang diketahui siswa
F Melalui pengalaman  siswa dapat mengungkapkan contoh-contoh kejadian sehari-hari yang terkait penjumlahan  dan pengurangan untuk megungkapkan fakta matematika dalam kehidupan nyata.
F Mengerjakan soal penjumlahan.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

     

C.  Kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
F Membuat kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan.
F Mengerjakan post tes
F Pemberian PR / tugas

V.  Alat dan Sumber Belajar
  • Buku Sumber :
F Buku Pengetahuan sosial SD kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
F Buku Sains SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
F Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD , Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
F Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
F Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
F Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
F Buku Piwulang Basa SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.

  • Alat Peraga  :
F Gambar makanan sehat dan makanan tidak sehat..
F Gambar keluarga dari majalah / foto keluarga.
F Kartu huruf
F Kartu bilangan.
F Manik-manik, kelereng, batu-batuan, kerang.
F rebana, suling, botol, gelas ( sumber bunyi buatan )
F Sampel air bersih dan tidak bersih.

VI.    Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
1.      IPS :
·   Menyebutkan nama guru TK dan nama beberapa teman sekelas.
·   Menceritakan tentang teman  main di rumah.
·   Menceritakan peristiwa masa kecil yang paling berkesan

2.      IPA:
·   Menjelaskan keuntungan mencuci tangan sebelum makan.
·   Menjelaskan keuntungan  memotong kuku yang panjang .
·   Menjelaskan keuntungan melakukan olah raga, beristirahat dan tidur yang
·   teratur agar tubuh sehat dan kuat.
·   Memberikan contoh kerugian dari tidak menjaga kesehatan. ( cuci tangan, memotong kuku, olah raga beristirahat dan tidur )

3.      PKN :
·   Menyebutkan 5 suku yang terbesar di Indonesia.
·   Membedakan ciri-ciri suku bangsa dilihat dari bahasa dan adat istiadat /budayanya.
·   Menjelaskan arti dari semboyan Bhinka Tunggal Ika.

4.      Matematika :
·   Memecahkan masalah sehari-hari yang yang terkait penjumlahan sampai dengan 20.
·   Memecahkan masalah sehari-hari yang terkait pengurangan sampai 20.
·   Mengurangkan bilangan dengan bilangan itu sendiri sehingga hasilnya 0.
·   Mengenal konsep waktu melalui kegiatan sehari-hari yang sebentar dan lama.

5.      Bahasa Indonesia :
·   Mendemontrasikan sesuatu  sesuai perintah atau permintaan guru.
·   Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimatnya sendiri.
·   Menjawab pertanyaan dan menjelaskan isi dongeng.
·   Memperagakan tokoh dongeng di depan kelas.
·   Menyapa teman sebaya, guru, dan orang lain serta orang yang lebih tua dengan bahasa  cara yang santun
·   Bercerita berdasarkan gambar.
·   Memasangkan gambar buah dengan nama dan ciri-cri yang tepat.
·   Mengenali huruf-huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata-kta dan kalimat sederhana.
·   Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·   Membaca teks pendek dengan intonasi dan lafal yang benar
·   Menjiplak berbagai bentuk gambar dan bentuk huruf.
·   Menebalkan berbagai bentuk gambar, dan bentuk huruf.
·   Menyalin / mencontoh huruf kata , kalimat, dari papan tulis atau buku dengan benar.
·   Menyalin / mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan menyalinnya pada buku sendiri.
·   Melengkapi kalimat yang belum selesai sesuai dengan gambar.

6.      Seni Budaya dan Keterampilan. :
·   Menentukan sumber bunyi.
·   Membedakan bunyi alam dan bunyi buatan.
·   Membedakan panjang dan pendeknya bunyi.
·   Menjelaskan rangkaian bunyi dan detak melalui peragaan


Tes lisan Tes tertulis


Uraian
isian
1.      IPS :
·   Sebutkanlah nama guru TK dan nama beberapa teman sekelas.
·   Ceritakanlah tentang teman  main di rumah.
·   Ceritakanlah peristiwa masa kecil yang paling berkesan

2.      IPA:
·   Jelaskanlah keuntungan mencuci tangan sebelum makan.
·   Jelaskanlah keuntungan  memotong kuku yang panjang .
·   Jelaskanlah keuntungan melakukan olah raga, beristirahat dan tidur yang
·   Jelaskanlah cara agar tubuh sehat dan kuat.
·   Sebutkanlah  contoh kerugian dari tidak menjaga kesehatan. ( cuci tangan, memotong kuku, olah raga beristirahat dan tidur )

3.      PKN :
·   Sebutkanlah  5 suku yang terbesar di Indonesia.
·   Bedakanlah  ciri-ciri suku bangsa dilihat dari bahasa dan adat istiadat /budayanya.
·   Jelaskanlah arti dari semboyan Bhinka Tunggal Ika.

4.      Matematika :
·   Jelaskanlah  cara Memecahkan masalah sehari-hari yang yang terkait penjumlahan sampai dengan 20.
·   Jelaskanlah cara Memecahkan masalah sehari-hari yang terkait pengurangan sampai 20.
·   Kurangkanlah  bilangan dengan bilangan itu sendiri sehingga hasilnya 0.
·   Jelaskanlah Mengenal konsep waktu melalui kegiatan sehari-hari yang sebentar dan lama.

5.      Bahasa Indonesia :
·   Jelaskanlah Mendemontrasikan sesuatu  sesuai perintah atau permintaan guru.
·   Ceritakanlah  kembali isi dongeng dengan kalimatnya sendiri.
·   Jelaskanlah isi dongeng.
·   Peragakanlah  tokoh dongeng di depan kelas.
·   Menyapa teman sebaya, guru, dan orang lain serta orang yang lebih tua dengan bahasa  cara yang santun adalah ..................
·   Ceritakanlah  berdasarkan gambar.
·   Pasangkanlah  gambar buah dengan nama dan ciri-cri yang tepat.
·   Kenalilah huruf-huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata-kta dan kalimat sederhana.
·   Bacakanlah  nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·   Bacakanlah  teks pendek dengan intonasi dan lafal yang benar
·   Bagaimana cara menjiplak berbagai bentuk gambar dan bentuk huruf.
·   Bagaimana cara Menebalkan berbagai bentuk gambar, dan bentuk huruf.
·   Bagaimana cara Menyalin / mencontoh huruf kata , kalimat, dari papan tulis atau buku dengan benar.
·   Bagaimana cara Menyalin / mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan menyalinnya pada buku sendiri.
·   Lengkapilah  kalimat yang belum selesai sesuai dengan gambar.

6.      Seni Budaya dan Keterampilan. :
·   Tentukanlah  sumber bunyi.
·   Bedakanlah  bunyi alam dan bunyi buatan.
·   Bedakanlah panjang dan pendeknya bunyi.
·   Jelaskanlah  rangkaian bunyi dan detak melalui peragaan


I. Kriteria Penilaian      
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

 2. Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1


 3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.











Ahmad Syarifuddin


















By: Syarif Mulia

Komentar